Arsip Berita
- Details
- Published: Monday, 25 March 2024 07:18
- Written by Marzuki Na'ma, S. Kom
- Hits: 291
Amuntai, Pada tanggal 22 Maret 2024, Sekretaris Pengadilan Agama Amuntai, Bapak Salmani, S.Ag, beserta Kasubbag Umum dan Keuangan Bapak Ahmad Zakiuddin, S.Sos, S.H. , dan Pengelola Keuangan Zaini Miftah, S.Ak dan Sigit Hary Cahyonoaktif mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) secara daring. Kegiatan ini merupakan respons terhadap surat resmi dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan nomor UND-195/WPB.19/2024.
FGD tersebut dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan dan hambatan dalam implementasi Cash Management System (CMS) di satuan kerja mitra Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagian satuan kerja masih mengalami kendala dalam penggunaan CMS.
Dimulai pukul 09.30 WITA, FGD ini memfokuskan pada dua agenda utama, yaitu pemantauan implementasi CMS hingga Triwulan IV 2023 dan diskusi mengenai implementasi CMS serta tindak lanjut optimalisasi.
Dalam kegiatan ini, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan turut menyampaikan Strategi Cashless Society. Strategi ini menekankan perlunya sinergi antara unit-unit terkait dan dukungan dari sektor perbankan untuk menyelenggarakan sosialisasi secara massif tentang transaksi nontunai. Tahapan strategi ini meliputi koordinasi, pemetaan, penetapan target, sosialisasi, pemantauan, dan penghargaan bagi unit yang berhasil menerapkannya.
Dalam diskusi, Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Selatan juga mengidentifikasi beberapa penyebab kendala implementasi CMS di wilayah tersebut. Selain itu, mereka juga mempresentasikan satuan kerja yang sudah berhasil mengimplementasikan CMS serta yang masih dalam proses.
Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengatasi kendala implementasi CMS di Kalimantan Selatan serta memperkuat langkah-langkah menuju masyarakat yang lebih inklusif secara finansial melalui strategi cashless yang terencana dengan baik.
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas